Bismillahirrahmanirrahim

Selamat Datang di Blog RosaliaLesmana....

Sabtu, 16 April 2011

ORGANISASI SOSIAL

12.KERJA SAMA DAN STRUKTUR MASYARAKAT DI DESA CIBODAS.



  STRUKTUR MASYARAKAT PERTANIAN DI CIBODAS
Ada 2 prinsip yang saling melengkapi yang membagi masyarakat desa cibodas ke dalam dua kelompok sosial yang pada dasarnya berbeda. Kedua prinsip itu adalah di satu pihak "mengabdi" dan di lain pihak "memerintah" atau "memperabdi". kaata-kata "mengabdi" dipergunakan dengan pengertian "menyerah" atau "menyerahkan diri" kepada seseorang yang memeberikan perintah dan suruhan, memberikanpekerjaan, mempunyai orang lain untuk melayaninya, dan dalam beberapa keadaan memberikan perlindungan.
Atas dasar kedua prinsip ini, masyarakat desa dapat dibagi ke dalam kelompok-kelompok: kelompok buruh tani dan kelompok petani bebas.
1. Buruh Tani
sebagai akibat dari "pengabdiannya" atau posisinya yang lebih rendah, maka buruh tani bukanlah orang yang bebas. Ia tidak mempunyai alat materi atau kecerdasan menjadi bebas. Dalam suatu masyarakat pedesaan, ini berarti bahwa ia tidak mempunyai tanah atau tidak mempunyai cukup tanah yang berkualitas baik guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokoknya. tetapi hal itu juga berarti bahwa ia tidak mempunyai latar belakang kecerdasan yang diperlukan untuk mengurus suatu usaha pertanian.


heeee...... Uwdah duYu akh caPe geNingan......

assalamu'alaikum...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar