Bismillahirrahmanirrahim

Selamat Datang di Blog RosaliaLesmana....

Rabu, 20 April 2011

BUDIDAYA TANAMAN OBAT "TEMULAWAK"

Temulawak merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Di daerah jawa barat temulawak disebut sebagai " Koneng gede " sedangkan di madura di sebut sebagai "Temu Lobak ".
Tanaman temulawak sudah menyebar ke seluruh dunia .Tanaman Temulawqak ini dapat di temui di Asia Tenggara dan dapat di temui di cina ,bardabos,india,jepang,korea, di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.



URAIAN TANAMAN

Klasifikasi :
Divisi       : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas       : Monokotyledonae
Ordo       : Zingiberales
Family      : Zingiberaceae
Genus      : Curcuma
Spesies    : Curcuma Xanthorrhiza ROXB.



MANFAAT TEMULAWAK


Di indonesia satu-satu nya bagian yang di manfaatkan adalah rimpang temulawak untuk di buat jamu godog. Rimpang ini mengandung 48-59,64% zat tepung, 1,6-2,2% kurkumin dan 1,48-1,63% minyak asiri dan di percaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi.Manfaat lain dari rimpang temulawak adalah sebagai obat jerawat,meningkatkan nafsu makan,anti kolesterol,anemia,anti oksidan,pencegah kanker,dan anti mikroba.

SENTRA PENANAMAN

Tanaman ini di tanam secara konvensional dalam skala kecil tanpa memanfaatkan teknik budidaya yang standard.

SYARAT PERTUMBUHAN

Iklim :
1.Temulawak dapat tumbuh dengan baik di lahan yang teduh dan terlindung dari triknya sinar matahari.secara umum tanaman ini memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap berbagai cuaca di daerah beriklim tropis.
2.Suhu Udara yang baik untuk budidaya tanaman ini antara 19-30oC.
3.Tanaman ini memerlukan curah hujan tahunan antara 1000-4000mm/tahun.

 MEDIA TANAM

Perakaran temulawak dapat beradaptasi dengan baik pada berbagai jenis tanah,baik tanah berkapur ,berpasir maupun tanah-tanah berat (liat). Namun ,untuk memproduksi rimpang yang optimal di perlukan tanah yang subur,gembur dan berdrainase baik . Dengan demikian pemupukan Anorganik dan Organik di perlukan untuk memberi unsur hara yang cukup dan menjaga struktur tanah agar tetap subur .

KETINGGIAN TEMPAT

Temulawak dapat tumbuh pada ketinggian 5-1000m/dpl dengan ketinggian tempat optimum 750m/dpl.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar